Pendidikan dan Keadilan Sosial: Tinjauan Filsafat Kritis

- Publisher

Sabtu, 3 Mei 2025 - 11:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tisa Ayu Kumalasari (Mahasiswa Universitas KH Mukhtar Syafaat)

Tisa Ayu Kumalasari (Mahasiswa Universitas KH Mukhtar Syafaat)

KOLOM – Pendidikan merupakan pondasi utama dalam pembangunan manusia dan masyarakat. Ia tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai alat pembebasan dan transformasi sosial.

Dalam konteks ini, filsafat kritis memberikan kerangka teoritis yang penting untuk memahami dan mengevaluasi bagaimana sistem pendidikan berperan dalam menciptakan atau justru mempertahankan ketimpangan sosial.

Peran Pendidikan dalam Masyarakat

Tokoh-tokoh seperti Paulo Freire dan Henry Giroux menekankan bahwa pendidikan harus bersifat emansipatoris—membebaskan manusia dari struktur yang menindas dan menciptakan ruang bagi partisipasi aktif dalam kehidupan sosial yang adil.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut filsafat kritis, pendidikan tidak pernah netral. Dalam praktiknya, pendidikan dapat menjadi alat ideologis yang memperkuat status quo, melanggengkan dominasi kelompok tertentu, serta memarjinalkan suara-suara dari kelompok yang tertindas.

Baca Juga :  Menyoal Perampasan Hak Waris, Tinjauan Hukum, Etika, dan Perspektif Islam

Hal ini dapat dilihat dari kurikulum yang bias kelas, gender, dan budaya, serta praktik pembelajaran yang otoriter dan minim dialog.

Paulo Freire dalam bukunya Pedagogy of the Oppressed menyebut pendekatan seperti ini sebagai “pendidikan gaya bank”, di mana siswa dipandang sebagai wadah kosong yang harus diisi oleh pengetahuan versi penguasa. Dalam kerangka ini, pendidikan gagal membentuk individu yang kritis dan sadar akan realitas sosialnya.

Pendidikan Emansipatoris dan Kesadaran Kritis

Sebaliknya, filsafat kritis mendorong pendekatan pendidikan yang dialogis, partisipatif, dan reflektif. Pendidikan seharusnya menjadi proses bersama antara pendidik dan peserta didik untuk memahami realitas sosial dan mengubahnya secara kolektif.

Baca Juga :  Filsafat Matematika

Dengan membangkitkan kesadaran kritis (conscientization), pendidikan mampu membekali individu dengan kemampuan untuk menilai ketidakadilan, merumuskan solusi, dan bertindak secara etis dalam masyarakat.

Dalam hal ini, keadilan sosial bukan sekadar distribusi sumber daya secara merata, tetapi juga pengakuan terhadap keragaman identitas, kesempatan yang setara, dan pembongkaran struktur dominasi.

Pendidikan yang berlandaskan filsafat kritis juga menuntut adanya perubahan dalam struktur institusional dan kebijakan publik. Misalnya, akses terhadap pendidikan berkualitas harus dijamin bagi semua lapisan masyarakat, terutama kelompok-kelompok yang secara historis tersingkirkan.

Transformasi Sistem Pendidikan

Selain itu, diperlukan pelatihan guru yang tidak hanya berfokus pada metodologi pengajaran, tetapi juga pada kesadaran sosial dan politik. Kurikulum pun harus dirancang untuk membangun pemikiran kritis, empati, dan kemampuan bertindak dalam menghadapi tantangan sosial.

Baca Juga :  Aisyiyah Jakarta Barat Dorong Peningkatan Pendidikan dan Ketahanan Pangan Keluarga

Dengan demikian, pendidikan dan keadilan sosial adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pendidikan harus menjadi alat perubahan yang berorientasi pada penciptaan masyarakat yang lebih adil, demokratis, dan manusiawi.

Filsafat kritis memberikan arah dan refleksi yang tajam terhadap peran pendidikan dalam menghadapi ketimpangan sosial. Melalui pendekatan ini, pendidikan tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga membebaskan dan memanusiakan.

 

_________

*Oleh: Tisa Ayu Kumalasari (Mahasiswa Universitas KH Mukhtar Syafaat)

Follow WhatsApp Channel timesin.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Refleksi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 80: Migas Sumenep, Siapa Diuntungkan?
Komisi Informasi: Seleksi, dan Nyinyir yang Tak Pernah Usai
Madura di Persimpangan Jalan: Menjadi Provinsi atau Tetap Bersama Jawa Timur?
Dana yang Menguap pada Hukum yang Mengendap: Drama Panjang BSPS
DPRD Bukan Lembaga Wisata, APBD Bukan Tiket Pelesiran
Berpikir Kritis: Mengakui Kekurangan Sebagai Strategi Kemajuan Pendidikan Islam
Dari #KataBisaUntag Mencerminkan Motivasi di Era Digital
Ketika Tabarruj Dianggap Biasa: Saatnya Kita Bertanya

Berita Terkait

Selasa, 19 Agustus 2025 - 17:11 WIB

Refleksi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 80: Migas Sumenep, Siapa Diuntungkan?

Senin, 18 Agustus 2025 - 09:18 WIB

Komisi Informasi: Seleksi, dan Nyinyir yang Tak Pernah Usai

Rabu, 30 Juli 2025 - 16:42 WIB

Madura di Persimpangan Jalan: Menjadi Provinsi atau Tetap Bersama Jawa Timur?

Rabu, 30 Juli 2025 - 14:36 WIB

Dana yang Menguap pada Hukum yang Mengendap: Drama Panjang BSPS

Sabtu, 12 Juli 2025 - 12:10 WIB

DPRD Bukan Lembaga Wisata, APBD Bukan Tiket Pelesiran

Berita Terbaru

You cannot copy content of this page